jump to navigation

Paling suka dengan karakter New Jupiter MX satu ini December 4, 2013

Posted by Endrixmoto in Blog, Yamaha.
Tags: , , , , ,
trackback

starter njmx

Dari sekian fitur keunggulan New Jupiter MX yang sudah hampir berjalan 3 tahun ini dipakai, ada satu fitur yang Endrixmoto amati cukup memberikan kenyamanan dari motor ini. Apa itu yang istimewa di mata Endrixmoto? Tak lain adalah fitur starter motor di generasi NJMX ini, karakternya itu benar-benar bikin nyaman dan “easy going”. Sebagai contoh, jika di motor-motor lain saat starter motor di pagi hari kadang kudu mendapatkan putaran mesin brebet-brebet dulu, semenit atau dua menit kemudian baru dapat langsamnya. Tapi tidak dengan NJMX🙂

NJMX yang Endrixmoto pakai mempunyai karakter starter enginenya cukup responsif dan gak pakai acara brebet-brebet. Disinyalir ini karena fungsi TPS bekerja baik dan didukung kinerja aki kering NJMX yang juga baik selama dipakai hampir 3 tahun ini.

Sebagai contoh setiap mengejar sholat Subuh berjamaah di mesjid, tak ayal Endrixmoto sering agak terlambat hampir mendekati iqomah baru start dari rumah. Nah cara manasin NJMX cukup simpel mas bro. Masukan anak kunci, engkol 3x, lalu tarik kabel choke dikit, putar kunci kontak ke ON, lalu engkol sekali lagi langsung “greng” mesin pun menyala lancar tanpa ada brebetnya. Kembalikan kabel choke, putar gas kira-kira 4000rpm untuk menaikkan sirkulasi oli ke atas, sambil menaikkan gas, biasanya disisipi dengan membaca surat Al-Fatihah sebagai doa agar selamat di riding kali ini. So jika ditotal aktivitas memanaskan mesin hingga langsung jalan bagi NJMX tidak sampai waktu 30 detik mas bro🙂 Ini yang Endrixmoto suka, mesin sudah responsif di awal saat starter.

Di menghidupkan motor selanjutnya, NJMX tidak perlu diengkol, cukup tekan starter langsung “greng”. Bahkan jika di parkiran kantor motor kehujanan kedinginan ditinggal hingga malam hari karena lembur. Begitu samperin ke parkiran, untuk menyalakan NJMX tidak perlu engkol, cukup pencet starter langsung “greng” tidak ada gejala brebet. Bagaimana dengan motor mas bro sekalian yang sudah berumur 3 tahun, apakah starter mesinnya bikin nyaman pengendaranya, atau malah nyusahin? Monggo dishare.

Comments»

1. Adhitya Ramadian - December 4, 2013

betul, berlaku juga dengan old jupiter mx, kick starter juga ringan banget (pernah saat aki drop)

yang pasti tarikan bawahnya ringan banget, cocok untuk diperkotaan

tp sayang, motor udah kejual…sempat kangen juga sih…

2. fncounter - December 4, 2013

BlueMX masih sehat 6 tahun ini…. kalo manasin ndak pake engkol kang… cukup tekan tombol start 3x secara cepat pada pemicu alarm… tanpa disentuh langsung “greng”…

3. wtf170 - December 4, 2013

kl pengen sensasi lg coba stater vario techno 125 bro…..mak bdunduk nyala

Endrixmoto - December 4, 2013

sudah nyobain, sensasi halusnya belum ada yang nandingi😀

4. Denly Maulana - December 4, 2013

nyimpang dikit boleh kan Om, sama kaya motor grand 95 dirumah, kl di engkol sambil mainin gas, nga bakalan nyala tuh motor. tp kl di engkol /di stater tanpa ngegas, cukup sekali da nyala…, setelah itu baru dimainin gasnya dikit , karena proses diatas tanpa pakai cuk

kacer - December 4, 2013

dulu saya juga pernah punya grand 97, kalo pake cuk malah susah nyalainnya, cuknya beda sih., jadi saya nggak pakai cuk kalo nyalain itu grand saat dingin sekalipun. Begitu juga gasnya, kalau saat starter nggak dibuka gasnya susah nyalanya, tapi kalo kegedean buka gasnya, motornya bersin, cesss nguk.

5. kacer - December 4, 2013

kunci dari mudah distarter adalah perawatan dan set up mesin yang tepat.
Menurut saya kran bensin tipe vakum punya pengaruh signifikan, sehingga aliran bensin ke karbu lebih terkontrol daripada hanya mengandalkan jarum pelampung.
Karena jika karbu banjir pasti jadi masalah begitu juga jika aliran bensin terhambat.
Kemudian setting karbu itu sendiri, apakah sudah pas dan tidak ada kebocoran, lanjut seting klep yang tepat dan busi yang pas ukurannya.
Kalau salah satu dari komponen tersebut bermasalah kemungkinan di starter tidak lancar.
Saya ada mio soul dan cs1 kalau setingan diatas bagus, sangat mudah di starter walau pagi cuaca sangat dingin. Dan keduanya nggak ada sensor TPS loh.

6. s0erya - December 4, 2013

kawasaki blitz 2005 ane gak pernah ane panasin gan,.. Pencet starter langsung brangkat😀
+motor kawasaki manteb+ posisi nyetirnya paling pas buat ane!😀
Minusnya motor berat= lemot.
Kampas kopling minta ganti!

7. choirul - December 5, 2013

Wah belom.pernah ngrasain NJMX

Endrixmoto - December 5, 2013

rasanya adrenalin terpacu lari 120kpj di atas motor bebek🙂

choirul - December 5, 2013

Wew… karismaku aja 100 km/jam udah Alhamdulillah

8. gc133hijrah - December 5, 2013

Ane pernah punya mpro 2003 ga pernah bermasalah sama staternya. Sampai akhirnya ane jual tahun 2013 awal.
Sekarang motor ane dari H dan S, udah injeksi semua, jadi ga ada gejala brebet d pagi hari

9. ipanase - December 17, 2013

wah ajibbb nih, ducati pancen josss lek😀

10. rroossyyiidd - December 27, 2013

NJMX gk ribet deh starternya


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: